Saturday 5 November 2011

Ternyata Komputer Tablet Lebih Efisien Dibanding Notebook

2 comments
Ternyata Komputer Tablet Lebih Efisien Dibanding Notebook - Beberapa hari yang lalu saya mencoba mencari tahu tentang apa sih Tablet PC itu dan apa aja manfaatnya buat pemakainya. Saya mencari informasi ini cuma ingin membandingkan apakah Tablet PC lebih baik dibanding dengan Notebook dalam hal pemanfaatan internet. Karena semakin meningkat teknologi informasi saat ini berimbas dengan semakin banyaknya gadget-gadget yang beredar di pasaran,  tidak jarang dari satu perangkat lainnya terjadi overlapping dari sisi penggunaan. Perubahan-perubahan di sarana Komputer pun terjadi pergeseran yang signifikan. Bayangkan dulu teknologi informatika didominasi oleh Personal Computer atau biasa juga disebut Komputer desktop, beberapa waktu lalu terjadi pergeseran ke arah notebook. Kemudian karena kebutuhan yang lebih intens dan modern membuat bermunculan produk baru berupa Netbook. Tidak lama berselang saat ini mulai diluncurkan produk baru berupa Tablet PC Mobile, atau Gadget, orang Indonesia bilang Komputer Tablet atau persamaanya dengan touchscreen mobile (HPTotSkrin) dengan teknologi Android yg terbaru.


Bagi orang awam yang hanya “tunduk” terhadap trend maka akan sangat membingungkan dan bisa jadi mengarah ke konsumtif. Ketika booming Notebook, maka buru-buru membeli Notebook. Begitu juga saat demam browsing di café-café dengan Netbook mewabah, musim perburuan Netbook di kalangan pelajar dan mahasiswa dimulai. Sekarang para raksasa produsen produk-produk IT seperti Apple, Nexian, Acer, Samsung, Asus, Dell dan lainnya mulai meluncurkan product Komputer Tablet, maka tiba-tiba banyak yang merasa berusaha memilikinya. Wabah ini memang diwarnai oleh keberhasilan Ipad dari Apple terjual dalam kuantitas yang sangat besar di pasaran.

Jadi apa sih bedanya? Notebook, Netbook dan Komputer Tablet (PC tablet) masuk ke dalam kategori Portable PC karena mobilitasnya yang tinggi, dalam arti bahwa ketiga produk tersebut mudah untuk dibawa kemana-mana. Hal inilah yang paling mendasar yang membedakan dengan Personal Komputer atau desktop.
Nah mari kita bahas satu per satu :
1. Notebook
Seringkali disebut juga dengan laptop atau komputer jinjing, karena biasa komputer jenis ini mudah dijinjing dan bisa digunakan cukup diatas paha kita (makanya dinamakan laptop). Jenis Komputer ini relative ringan, cukup kecil dimensinya namun memiliki kemampuan dan kapasitas yang hampir sama dengan Komputer desktop, baik dari spesifikasi memori, processor hingga disk drive.
Yang membedakan dengan desktop pastilah keberadaan baterey, sehingga Laptop atau Notebook bisa dibawa kemana-mana. Dengan baterey ini kita tidak tergantung terhadap listrik, walaupun kapasitas batereynya juga relative antara 2 jam hingga 8 jam tergantung dari jenis Notebook masing-masing.
Karena dimensi yang lebih kecil, biasanya beberapa fasilitas dikurangi seperti Com Port, Printer Port, Soket PCMCI, PS2 Keyboard dan PS2 Mouse. Peralatan tersebut hampir tidak di temukan pada Notebook, salah satu cirinya adalah dimensinya Notebook biasanya menggunakan dimensi antara 13 inch hingga 15.6 inch dan penggunaannya lebih condong untuk menyelesaikan pekerjaan kantor dari word processing, spread sheet hingga office email.
2. Netbook
Ini adalah generasi baru sebagai hasil inovasi dari notebook. Kemunculan netbook ini ditandai dengan kebutuhan mobilitas yang jauh lebih tinggi, kemudahan penggunaan dan keterhubungan dengan internet dan life style.
Dengan dimensi antara 7-11 inch membuatnya lebih ringkas dan kecil dibanding notebook dan processornya pun saat ini tidak lebih dari 2Ghz serta memorinya dibatasi sekitar 1gb saja. Kanapa demikian? karena Netbook lebih ditujukan dan mengedepankan kebutuhan mobile internet.
Karena dirancang untuk lebih kepada online internet dan komunikasi maka beberapa fitur yang terdapat pada Notebook tidak ditemukan di  Netbook, seperti,: Output VGA,Optical Drive,  PS2 Mouse, PS2 Keyboard dan Card reader.
3. Tablet PC Mobile  (Komputer tablet)= HP TScrin
Komputer PC jenis ini ditandai dengan kemapuannya dalam menyediakan fasilitas layar sentuh, sehingga membuat experience tersendiri untuk para penggunanya. Teknologi tablet digital yang dimilikinya memungkin para pengguna untuk menggunakan jarinya atau pen stylus dalam pengoperasiannya.
Dengan teknologi ini, bentuk fisik keyboard dan mouse sudah tergantikan, dan bahkan kita bisa membuat tulisan tangan langsung pada layarnya.
PC tablet berukuran lebih kecil, lebih ringan dan mudah pengoperasian dibanding Netbook sekalipun. Seiring perkembangannya, Komputer Tablet kini diposisikan sebagai perangkat untuk mengonsumsi konten, mirip seperti konsep netbook. Aktivitas mengonsumsi konten ini bervariasi, mulai dari aktivitas online seperti browsing internet, membaca email, mengakses Facebook dan Twitter, menonton video YouTube, sampai memutar video Hi-Def dan melihat foto, dan untuk Hand phone.

Dengan konsep sebagai perangkat konsumsi konten, peran Komputer Tablet lebih pada komputer sederhana dengan kecepatan prosesor kurang dari 2 Ghz.

Kesimpulan :

Notebook kemampuan lebih baik harga relatif mahal, netbook kemampuan terbatas harga lebih murah sekitar 2,5 jt,  Komputer Tablet adalah komputer sederhana dengan harga yg murah kurang dari 2,5 jt. Komputer Tablet irit biaya pemakaian. 


2 comments:

Post a Comment